Lembar Kerja 1
PRAKTIK MENGANALISIS PROSES PEMBELAJARAN
(30 menit)
A.
Tujuan
Peserta dapat:
1.
menjelaskan pengertian dan
langkah-langkah pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik;
2.
menjelaskan pengertian dan
langkah-langkah Problem-based Learning;
3.
menjelaskan pengertian dan
langkah-langkah Project-based Learning;
4.
menjelaskan pengertian dan
langkah-langkah Inquiry/ Discovery Learning.
B.
Petunjuk
1. Bentuk
kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 3-4 orang.
2. Baca
materi bimbingan teknis berjudul Analisis Model-model Pembelajaran dan tulis
pengertian dan langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik, Problem-based
Learning, Project-based Learning, Inkuiri/Discovery Learning (30 menit).
3. Diskusikan
catatan-catatan tersebut dalam kelompok Anda.
4. Sajikan
hasil kerja kelompok Anda kepada kelas (10 menit).
No.
|
Pendekatan/
model Pembelajaran
|
Pengertian dan Langkah-langkah
Pembelajaran
|
1.
|
Pembelajaran Saintifik
|
Pembelajaran yang terdiri atas lima langkah kegiatan untuk memperoleh
pengetahuan,keterampilan dan sikap
Langkah-langkah:
1.Mengamati 2. Menanya 3.
Mengumpulkan informasi/mencoba 4.
Menalar/mengasosiasi 5.Mengkomonikasikan
|
2.
|
Problem-based Learning
|
Pembelajaran yang menggunakan masalah nyata dalam kehidupan
sehari-hari (otentik) yang bersifat terbuka (open – ended ) untuk
diselesaikan oleh pesrta didik untuk mengembangkan keterampilan berfikir
,keterampilan menyelesaikan masalah ,keterampilan sosial ,keterampilan untuk
belajar mandiri dan membangun atau memperoleh pengetahuan baru.
Langkah-langkahnya :
1.orientasi terhadap masalah
2.organisasi belajar
3. penyelidikan individual
atau kelompok
4. pengembangan dan
penyajian hasil penyelesaian masalah.
5. analisis dan evaluasi
proses penyesaian masalah
|
|
Project-basedLearning
|
Kegiatan pembelajaran yang menggunakan projek/kegiatan sebagai proses
pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap,pengetahuan dan
keterampilan.Penekanannya padapeserta didik untuk menghasilkan produk.
Langkah-langkahnya :
1.
Menentukan projek
2.
Merancang langkah-langkah penyelesaian projek
3.
Menyusun jadwal pelaksanaan projek
4.
Menyelesaikan projek dengan fasilitasi dan
monitoring guru
5.
Menyusun laporan dan presentasi/publikasi
hasil projek.
Evaluasi proses dan hasil
projek.
|
|
Inquiry Learning
|
Merupakan proses pembelajaran yang didasarkan pada pencarian dan
penemuan melalui proses berfikir secara sistimatis.
Langkah-lngkahnya :
1.
Orientasi
2.
Merumuskan masalah
3.
Merumuskan hipotesis
4.
Mengumpulkan data
5.
Menguji hipotesis
Merumuskan kesimpulan
|
|
DiscoveryLearning,
|
Pembelajaran untuk menemukan konsep,makna dan kausal melalui
pengorgnisasian pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik.
Langkah-langkahnya :
1.
Persiapan
2.
Stimulasi/pemberian rangsangan
3.
Identifikasi masalah
4.
Mengumpulkan data
5.
Mengulah data
6.
Pembuktian
Menarik kesimpulan
|
SELAMAT BEKERJA
1. Sajikan jawaban/hasil diskusi kelompok Anda
kepada kelompok mata pelajaran Anda dan diskusikan. (10 menit)
SELAMAT BEKERJA
Komentar
Posting Komentar